Inspirasi

Tips Membeli Perabotan Rumah Tangga


Mulai dari kebutuhan primer dan juga kebutuhan tersier tentunya tidak akan lepas dari perabotan rumah tangga, sifatnya yang begitu melekat dalam keseharian kita, namun diantara perabotan itu ada yang merupakan kebutuhan primer dimana anda harus memenuhinya. Sedangkan kebutuhan tersier ini mencakup hal-hal yang tidak begitu penting atau hanya tuntutan dari keingininan. Ada waktunya ketika anda memiliki perabotan rumah, tapi perabotan itu sudah rusak atau tidak layak pakai. Tentunya dalam kondisi seperti ini anda terpaksa untuk mencari pengganti perabotan itu.

Kini, pilihan perabotan sudah banyak disediakan di toko-toko. Beragam model mulai dari yang klasik hingga modern, bahan-bahan yang disediakan juga mulai dari bahan logam serta plastik.  Memiliki banyak pilihan perabotan justru malah membuat bingung, apalagi jika keuangan yang dimiliki terbatas. Untuk mendapatkan perabotan yang cocok dengan rumah serta keuangan yang anda miliki tentu saja tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli perabotan rumah, yakni :

1. Bandingkan produk yang tersedia

Kunjungi beberapa toko yang menyediakan perabotan rumah tangga. Cek model serta kualitas yang ada, dan berapa harga yang ditawarkan. Anda bisa memilih satu dari sekian toko yang menawarkan perabotan sesuai keinginan anda.

2. Tentukan budget

Setelah mengetahui perkiraan jumlah harga-harga dari perabot yang ditawarkan, anda bisa menentukan seberapa besar budget yang anda butuhkan. Selain menggunakan dana yang sudah anda tabung. Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit. Pilihlah toko yang menyediakan diskon bagi pengguna kartu kredit, ataupun kartu kredit yang memberikan fasilitas cicilan 0%

3. Kualitas barang

Pilih kualitas yang bagus agar bisa bertahan lama. Memang dengan memilih kualitas bagus tentu akan mengeluarkan dana yang lebih mahal daripada barang-barang yang berkualitas rendah. Tapi setidaknya ini bisa bertahan dalam jangka waktu lama sehingga anda tidak perlu untuk membeli barang yang sama berulang kali dalam waktu singkat.

4. Multifungsi

Semakin banyak fungsi yang disediakan dalam perabot rumah, tentu semakin besar pula nilai yang anda dapatkan dan pengeluaran dana juga semakin mahal. Lebih tepatnya mengeluarkan uang sedikit lebih mahal untuk perabot yang berguna untuk segala hal dibandingkan membeli perabot dengan fungsi terbatas dapat menghemat pengeluaran anda.

5. Merawatnya

Setelah membeli perabot, tentu anda harus merawatnya. Karena itu anda juga harus memperhatikan apakah barang yang anda beli perawatannya mudah. Jika perabotan itu berbahan kayu anda harus rajin mengelap perabot itu dengan semir khusus untuk kayu, agar warna asli dari kayu itu tetap terjaga.

6. Garansi

Pastikan anda mendapat garansi untuk perabot rumah yang anda beli, jadi ketika perabot itu mengalami kerusakan. Anda bisa meminta dibetulkan oleh pihak toko secara gratis. Semakin lama garansi yang diberikan itu justru semakin baik, karena anda memiliki jangka waktu cukup panjang apabila perabot itu memiliki kerusakan. Atau anda bisa melihat apakah perabot yang anda beli memiliki service center dikota anda, jadi jika ada yang rusak anda tidak harus menunggu lama untuk dibetulkan.

Sumber Referensi: http://www.halomoney.co.id/blog/2014/07/30/6-hal-yang-wajib-dicatat-ketika-membeli-perabot-rumah-tangga/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s