Bisnis online

Tips dan Cara Membeli Rumah KPR dengan Jitu


property-54-KPR-Rumah-Diperketat-Bank-Syariah-Bukopin-Tetap-Tenang-1

Membeli rumah melalu kredit ( KPR ) bisa jadi cara terbaik untuk membeli rumah, tentu saja apabila anda tidak memiliki modal lebih sementara anda juga ingin memiliki rumah secepat mungkin. Membeli rumah KPR ini membutuhkan beberapa perhitungan, karena jika dari awal anda tidak memperhitungkan beberapa hal yang ada justru akan menjadi beban dikemudian hari. Beberapa hal yang harus anda perhitungkan dalam membeli rumah KPR yaitu :


split-level-021. Lokasi Rumah

Anda harus pastikan bahwa rumah yang anda beli ini strategis, dekat dengan lokasi kerja atau usaha anda. Lokasi rumah ini bisa jadi hal yang harus anda perhatikan, karena dari beberapa pilihan rumah yang disediakan tentunya tidak akan sesuai dengan harapan anda, kurang lebihnya desain rumah yang ada itu tidak sesuai harapan anda. Maka sebaiknya pilih lokasi ruma yang strategis, soal desain rumah tentu bisa anda renovasi sendiri setelah proses KPR itu selesai.

2. KPR disetujui bank?

Jika sudah memilih rumah dengan lokasi serta desain sesuai dengan harapan anda, yang harus anda lakukan adalah bagaimana agar KPR ini disetujui oleh bank. Biasanya bank hanya akan menyetujui angsuran maksimal 30% x gaji perbulan anda, lebih dari 30% maka bank beranggapan bahwa angsuran itu akan memberatkan anda dan anda gagal menerima pinjaman uang.

3. Menentukan jumlah dan waktu angsuran KPR

kpr-bankJumlah angsuran adalah harga beli rumah yang ditawarkan pengembang dikurangi uang muka yang anda bayar. Nantinya bank akan menentukan jumlah angsuran dan lamanya angsuran, untuk menghitungnya anda dapat menggunakan fasilitas kalkulator KPR. Anda dapat menghitung besar cicilan KPR dengan menggunakan layanan software penghitungan KPR yang disediakan oleh beberapa bank, caranya anda dapat mencari “simulasi kpr” di google. Disitu ada beberapa bank yang menunjukkan cara penghitungan KPR.

4. Bank yang menyediakan KPR

Dalam memilih bank yang akan digunakan sebagai penyedia jasa KPR, lebih baik anda menggunakan bank yang sudah terpecaya dalam menyediakan KPR. Hal ini demi keamanan angsuran anda dan dokumen surat-surat rumah yang jadi jaminan. Anda bisa memilih beberapa bank ini :

  • BANK BTN
  • BANK MANDIRI
  • BANK BRI
  • BANK BNI
5. Dokumen yang dibutuhkan dalam membeli rumah KPR

Pada saat mengajukan permohonan KPR ke bank biasanya anda akan dimintai beberapa dokumen, diantaranya :

  • Surat keterangan gaji bagi yang bekerja atau penghasilan yang diperoleh bagi yang memiliki usaha
  • Surat keterangan belum memiliki rumah atau sedang menumpang dari RT dimana anda tinggali. Ini bagi orang-orang yang mendapatkan subsidi dari pemerintah.
  • Foto copy KTP
  • Foto copy kartu keluarga
  • Foto copy tabungan di bank yang anda mintai jasa KPR

Setelah beberapa syarat itu dipenuhi,  anda harus memiliki komitmen untuk mengangsur uang pinjaman KPR dengan tepat waktu, tujuannya agar anda tidak terkena denda atau tunggakan. Karena jika anda telat membayar angsuran KPR dalam jangka waktu tertentu rumah anda akan disita oleh BANK dan akan ditempel stiker “RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK”

Sumber Referensi : http://www.ilmusipil.com/cara-membeli-rumah-kpr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s