Bisnis online

Strategi Pemasaran Internet


Bisnis-Online-Sangat-Mudah-dan-Simpel

Aktivitas yang berkaitan dengan internet kini sudah tidak terpisahkan di sebagian masyarakat, termasuk Indonesia. Dengan kondisi itu lah masyarakat memenuhi kebutuhannya dari internet, mulai dari kebutuhan primer sampai kebutuhan tersier. Ini semua didukung karena banyak website yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan itu layaknya dalam toko di dunia nyata. Para pembisnis kini mau tidak mau juga harus menjajahi dunia internet agar dapat memiliki calon konsumen yang menyebar di daerah lain. Saat ini, dalam dunia maya setidaknya ada 6 ( enam ) jenis strategi marketing yang banyak dilakukan oleh pembisnis dalam meraih konsumen, yaitu :

1. SEARCH AND RESEARCH ( Melakukan proses pencarian dan riset pasar )

bigstock_Graph_analysis_11233205Ada sekitar 90 persen orang yang melakukan langkah ini dengan cara yang salah, atau bahkan tidak ada sama sekali. Dapat diumpamakan seperti mengarahkan anak panah secara acak dan berharap mengenai sasaran, sialnya sasaran itu selalu melenceng dan tidak pernah tepat. Usaha yang dilakukan hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja.

Memiliki situs tanpa mengerti untuk apa situs itu, dan hal apa saja yang dapat menguntungkan jika memiliki situs. Itu sangat merugikan. Karena situs nyatanya memiliki manfaat yang banyak, dan tidak hanya itu, internet kini akan menjadi area untuk persaingan dalam berbisnis. Tidak jarang ada orang sukses sebab ia berhasil dalam membuka bisnis online, tapi tak jarak juga ada orang yang justru tidak memiliki keuntungan apapun dalam berbisnis online. Metode terbaik untuk sukses dalam usaha ini yaitu melakukan riset pasar, dimana anda harus :

  • Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang anda tawarkan.
  • Dapat memberi nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan.
  • Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerja sama dengan pemain yang ada.

Banyak sekali cara seorang markerter untuk mendapatkan pelanggan dari dunia maya. Ada yang memilih memaki jalan pintas dengan membeli iklan disitus-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin pencari. Situs-situs jejaring sosial seperti Facebook juga merupakan cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan.

2. INITIATE STRATEGY

Kebanyakan orang berpikir Internet marketing itu identik dengan situs web. Itulah permulaan dan akhir dari strategi internet. Strategi pemasaran internet berkembang sanga pesat sehingga informasi-informasi terbaru tentang bisnis online bisa kita dapatkan secara langsung tanpa ketinggalan.

Membangun situs web sebagai pusat dari segala aktifitas bisnis. Jejaring sosial dapat dipergunakan untuk mendatangkan pengunjung ke situs yang anda miliki. Dan anda juga bisa melakukan itu dengan cara lain, tapi intinya sama yaitu mendatangkan pengunjung ke situs yang anda punya.

3. Start Content Engine

Konten merupakan materi penting daam strategi pemasaran online. Bahkan dari sekian banyak masyarakat dalam melakukan search engine di Google itu tujuannya untuk mencari sebuah konten yang berhubungan dengan kebutuhannya, contohnya seperti siswa yang mencari tugas-tugasnya sekolah melalui internet, yang dicari yaitu isi konten atau materi yang diberikan disitusnya. Internet marketer harus mengetahui bagaimana cara membuat dan mendistrusikan konten dengan baik.

Strategi membuat konten tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang. Dengan cara yang benar, anda dapat memenuhi situs dengan konten yang di inginkan para konsumen. Hal ini memungkinkan terjadinya penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep yang mungkin kontroversial bagi anda karena pelanggan dan klien yang datang mencari anda, dan bukan sebaliknya.

4. Traffic

layanan-internetPengunjung yang mengunjungi situs anda merupakan hal penting yang harus anda perhatikan. Karena semakin banyak pengunjung yang mengunjungi situs anda, mereka juga berpeluang untuk menjadi calon konsumen. Ada beberapa strategi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung ini, diantaranya :

  • Search Engine Optimization : Teknik dimana anda memposisikan situs website anda di halaman pertama pencarian. Anda membutuhkan jasa SEO untuk ini.
  • Pay per click atau biaya per klik : Sistem periklan yang diterapkan Google ini yaitu menaruh website anda dalam sebuah iklan sebagai tempat promosi, dan setiap ada orang yang mengklik iklan itu, anda harus membayarnya.
  • Affiliate Marketing : Strategki pemasaran dimana anda menarik internet marketer berpengalaman untuk menjadi rekan bisnis anda.
  • Media buying : Meliputi pembelian iklan untuk ditampilkan pada berbagai situs.
  • Social Media : Strategi ini paling mudah, yaitu mempromosikan situs website anda pada akun-akun sosial media yang anda miliki.
  • Email Marketing : Menggunakan email sebagai sarana komunikasi anda dengan para konsumen.

5. Embrace Relationship

 Walaupun tampilan yang telah anda berikan dalam website begitu menarik, atau bahkan segala informasi telah anda sebutkan. Itu bukan sebuah jaminan dimana para pengunjung akan menjadi konsumen, karena kebutuhan mereka mungkin sudah terpenuhi, atau mereka belum membutuhkan sesuatu barang untuk dibeli. Yang harus anda lakukan ada lah membuat ingatan para pengunjung kepada anda, dengan begitu saat mereka mulai membutuhkan suatu barang atau apapun mereka akan menghubungi anda dengan cara email atau sebagainya.

Website tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik, oleh sebab itu dibutuhkan email sebagai saran komunikasi anda dengan para pengunjung. Ada sistem yang mengizinkan anda mengumpulkan nama dan alamat email prospen dan mengirimkan mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kawatir bila suatu saat nanti pengunjung atau pelanggan anda mulai banyak.

Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan mereka adalah Media Sosial. Di Facebook, anda dapat berkomunikasi secara hampir real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru. Mendatangkan pelanggan baru memang hal yang paling sulit, bahkan anda bisa mengeluarkan uang lima kali lebih banyak dibandingkan dengan pelanggan-pelanggan yang telah ada.

6. Money

bisnis-onlineSemua langkah diatas tujuannya adalah untuk pada tahap ke 6 ini, semua proses diatas harus anda lalui bila ingin sampai pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali anda dapat mencari pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya.

Sumber Referensi : http://bejana.com/artikel/strategi-pemasaran-internet

Advertisements

One thought on “Strategi Pemasaran Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s