Bisnis online

Apa Tugas Konsultan Pemasaran Properti ?


Broker-Jual-Rumah-Property-JakartaMenjadi konsultan properti memang terlihat mudah, mudah dan tidak mengeluarkan modal besar, hanya menjual konsep dan otak yang segar lalu dapat bayaran mahal. Hanya mengontrol dari luar dan hanya sesekali saja datang ke kliennya, melakukan presentasi, mentoring tentang usaha klien, pulang-pulang dapat uang. Siapa yang tidak mau? Bagi orang-orang yang tidak menerjuni dunia konsultan ini memang mudah beranggapan jika menjadi seorang konsultan itu hal yang mudah. Tapi akan sulit jika benar-benar anda hadapi, apalagi apabila harus berhadapan dengan dunia pemasaran. Otak yang digunakan bukan cuman segar, tapi harus dicuci tiap hari agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

jasa-konsultasi-perpajakanLegitimasi ( kebijakan ) yang akan diberikan seorang konsultan tergantung dari kemampuan yang ia miliki, pengalaman-pengalaman selama ia menekuni usaha properti, serta problem solving atas persoalan properti merupakan tanggung jawab yang ia miliki. Kalau dilihat dari aspek luarnya memang konsultan properti tidak akan menonjol bahkan banyak yang tidak mengetahui cara kerjanya. Hanya sekedar mengetahui bahwa pada umumnya seorang konsultan itu bagaikan tempat curhat, layaknya mendengarkan keluhan orang sakit. Tapi nyatanya tidak hanya mendengarkan keluhan, tapi konsultan marketing akan menjadi dokter didalam sebuah perusahaan.

Seorang konsultan properti tidak bisa mengandalkan satu program kerja saja atau dalam arti lain obat. Ia harus memiliki program yang banyak, menjadikan sebagai plan A, plan B, plan C dan seterusnya apabila obat itu tidak manjur. Jadi konsultan marketing harus memiliki banyak cara dalam mengatasi masalah perusahaan, lalu menjadikan target yang diharapkan terpenuhi. Tidak hanya dalam ucapan lisan, tapi juga berupa tindakan yang akan membuktikan bahwa otak para konsultan ini benar-benar segar walaupun berada dibawah sinar matahari.

Beberapa item kerja marketing perlu dirancang dengan rapi, kreatif, dan mudah dijalankan agar klien-kliennya ini mudah dalam mempraktekan secara langsung serta mendapatkan manfaatnya. Beberapa item dibawah ini yang juga dapat menunjang kesuksesan para Konsultan Properti, diantaranya :

konsultan1. Melakukan survei dan riset pasar

Survei dilakukan langsung dikota atau tempat-tempat proyek properti perumahan berada, melihat kondisi pemasaran saat itu, lalu melihat pembeli rumah. Lebih cermat dalam memilih kehendak konsumen dan dari gaya manakah para konsumen akan mudah tertarik dalam cara pemasarannya.

2. Membuat rencana program tahunan marketing yang komprehensif

Program yang dibuat bukan cuman program asal-asalan, dan juga bukan program pengandaian yang tidak bisa dilakukan. Para konsultan akan memikirkan hal-hal yang juga berkaitan dengan program itu, seperti biaya yang akan dikeluarkan, orang-orang yang mendukungnya serta hal-hal terburuk yang akan terjadi jika program itu gagal, yaitu membuat program kedua bahkan seterusnya.

3. Menetapkan target penjualan

Rumusan tentang target ini jarang sekali terpenuhi. Mangkanya dari beberapa proyek hanya menargetkan untuk penjualan pada konsumen saja. Pada proyek perumahan yang baru saja jadi, diantara jumlah yang ada hanya 18-20 persen laku terjual. Kesulitan ini merupakan kesulitan dimana para konsultan harus memikirkan marketingnya.

4. Membuat anggaran rasional

Untuk media promosi ini para konsultan harus memikirkan anggaran yang dimiliki, jika tidak ingin biaya yang dikeluarkan mahal, anda dapat menggunakan media online sebagai media promosi. Tapi jika anggaran yang dimiliki lebih, anda juga bisa menggunakan pola marketing berbasis billboard.

5. Mentoring pelaksanaan program 

Penting bagi konsultan manajemen memastikan program kerja yang disusun berjalan dengan baik, dan apakah telah terlaksana sebagaimana seharusnya. Perannya untuk memonitoring ini meliputi point ketepatan waktu pelaksanaan program yang sudah direncanakan, isi materi iklan, dan visualisasi iklan. Kalau konsep iklan menarik pasti naik pula respon pembaca yang akan menjadi konsumen. Kemampuan jenis ini lah yang harus dibuktikan konsultan properti kepada kliennya.

6. Pelatihan SDM  internal

Isi materi pelatihan yang dibutuhkan tim marketing meliputi kemampuan komunikasi efektif. Bagaimana staf marketing dapar bertutur kata yang enak dan dapat didengar. Materi negosiasi, teknik closing, dan administrasi penjualan tak kalah pentingnya untuk diberikan pelatihan kepada tim marketing.

7. Evaluasi Program 

Evaluasi ini akan dilakukan secara berkala, dilakukan saat penjualan menanjak, stagnan, maupun tertekan. Gunanya apabila ada kesalahan dalam proses penjualan dapat dilakukan perubahan strategi marketing dengan cepat.

 Sumber Referensi : http://propertytoday.co.id/marketing-sebagai-area-kerja-konsultan-manajemen-properti-di-indonesia.html

Iklan

One thought on “Apa Tugas Konsultan Pemasaran Properti ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s