Bisnis online

Belajar Bisnis Online dari Nol


affiliate-marketing-tips

Beberapa orang yang melakukan bisnis online ini sangat beragam, ada yang benar-benar fokus menjadikan bisnis online sebagai sumber penghasilan utama, dan ada juga orang yang melakukan bisnis online karena sebagai pengisi waktu luang atau kerja sampingannya. Bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis di dunia nyata. Disini anda akan butuh banyak calon pembeli untuk mengubah aktivitas anda menjadi uang. Banyak pemilik akun blog yang begitu bodoh, beranggapan jika sudah memiliki akun blog maka uang akan muncul dengan sendirinya. Padahal bukan blog yang akan menjadi uang, melainkan orang-orang yang mengunjungi blog anda. Hanya saja butuh waktu yang cukup panjang sampai orang-orang mulai ramai mengunjungi blog yang anda miliki.

Kesuksesan yang banyak diraih oleh pembisnis online ini menarik minat masyarakat untuk ikut menggelutinya. Ikut mempelajari tahap demi tahap yang harus dilakukan agar mendapat celah menjadi salah satu bagian dari orang sukses itu, walaupun tidak mudah. Diantara tahap-tahapan itu letak kesulitan yang akan anda hadapi adalah traffic, karena traffic merupakan aturan dasar dari bisnis online. Lebih jelasnya Traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi blog anda setiap harinya. Seperti yang sudah saya paparkan diatas bahwa orang-orang yang mengujungi blog andalah yang akan menjadi uang, menjadi sumber penghasilan anda, karena setiap pengunjung yang datang dalam blog anda, mereka juga berpeluang menjadi calon pembeli atau konsumen dalam bisnis online anda.

Ada beberapa hal yang harus anda siapkan dalam berbisnis online, diantaranya :

1. Pilih produk yang akan anda jual

Sebelum memulai produk, Produk barang yang laristentunya anda harus berfikir produk apa yang akan anda jual. Lakukanlah riset produk, usahakan produk-produk yang akan anda jual cepat laku dipasaran, serta banyak yang membutuhkan produk anda. Berikan konsep untuk usaha anda nantinya, carilah ide-ide yang bagus, mencari supplier, dan anda juga harus belajar memulai bisnis.

2. Membuat Website

homeshop18-210112Buatlah sebuah website untuk menaruh produk-produk yang akan anda jual, website ini yang akan menjadi lapak online bagi bisnis anda. Website yang anda jadikan lapak, nantinya akan menjadi tempat anda untuk berpromosi. Entah itu melalui social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Dalam pembuatan website, anda akan lebih fokus pada sesuatu yang bersifat teknis, seperti menginstall aplikasi website atau belajar bahasa pemrograman misalnya. Sebaiknya untuk tahap awal, anda menggunakan website yang tidak berbayar, karena bisnis anda masih kecil, akan sangat rugi jika anda memilih website yang berbayar tiap bulannya tapi anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, atau tiba-tiba bangkrut ditengah jalan.

Jika bisnis anda mulai berkembang dengan baik, anda bisa memulai mengubah website anda menjadi website berbayar, karena kapasitas yang diberikan akan lebih besar. Langkah awal membuat website yaitu tentukan domainnya, domain yaitu nama dari website. Anda bisa memilih nama domain yang baik untuk bisnis anda, karena ini merupakan alamat atau bisa juga sebagai brand usaha anda.

Bagi anda yang kurang mengerti tentang hal-hal ini anda bisa menggunakan jasa pembuat website agar website anda bisa terlihat profesional, atau anda bisa meminta bantuan teman-teman anda.

3. Isi Website Anda

Langkah terakhir yaitu isi website anda dengan produk-produk yang anda miliki, isi informasi-informasi yang penting dan detail. Isi konten website anda dengan kalimat-kalimat yang meyakinkan. Hindari untuk copy paste dari website orang lain ! Gunakan bahasa-bahasa yang sopan tapi dapat menarik pengunjung. Beberapa hal yang harus anda isikan pertama kali pada website anda yaitu :

a. Profil Usaha

b. Isi Produk atau Jasa yang anda tawarkan

c. Alamat perusahaan anda atau anda bisa mengisikan alamat email, nomer telpon, dan sebagainya. Agar para pembeli dapat menghubungi anda dengan mudah.

d. Cara pemesanan produk dan cara pembayarannya. Agar para pembeli tidak kesusahan saat ingin melakukan transaksi jual-beli dengan anda.

4. Promosikan

berbisikJika semua langkah pembuatan website sudah selesai, isi-isi konten situs sudah lengkap, beberapa informasi tentang usaha anda juga telah dicantumkan dalam website. Anda bisa langsung mempromosikan website anda kepada semua orang yang anda kenal, dan dengan begitu secara tidak langsung produk-produk anda juga bisa langsung ikut dipromosikan.

Mempromosikan website anda ini bisa dengan memanfaatkan akun-akun sosial media yang telah anda miliki, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest atau lainnya. Cara ini dapat membantu penyebar luasan alamat website anda, apalagi jika anda memiliki teman atau follower yang cukup banyak. Kemudian anda juga bisa memajang produk atau jasa disitus-situs forum seperti Kaskus, Marketplace, Toko Bagus, dan Tokopedia.

Selain itu untuk tingkat promosi yang lebih “Advance”, yakni melalu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO. Pakar SEO ini akan membantu website anda untuk berada dalam halaman pertama mesin pencari Google, dengan begitu website anda akan memiliki banyak pengunjung yang berpeluang untuk menjadi calon konsumen produk atau jasa anda.

Dengan langkah-langkah itu anda bisa langsung meningkatkan rasa kepercayaan para pengunjung dengan cara melakukan interaksi dengan mereka. Anda bisa berbagi informasi atau pengalaman-pengalaman yang ada dengan para pengunjung, dengan begitu lambat laun kepercayaan para pengunjung itu akan terbetuk. Dan anda bisa mendapatkan pelanggan setiap harinya.

Sumber Referensi : http://webhostmu.com/cara-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s