Bisnis online

Strategi Pemasaran Secara Online

6628349-16busditigal-skaermjpgPerkembangan teknologi yang semakin canggih, memicu ke kreatifan para marketing ini untuk memasarkan produk-produk yang mereka miliki. Begitu pesat pengakses internet ini, akan sangat rugi jika para marketing tidak menggunakannya sebagai media promosi.  Karena media internet ini merupakan media yang paling murah dan efektif sebab dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan dapat menyebar ke pasar yang lebih luas.

Namun peluang mereka dalam memasarkan produk ini kurang berjalan dengan optimal. Beberapa marketing melakukan kesalahan strategi dalam memasarkan produk secara online. Mereka hanya asal-asalan dalam mempromosikan produk, setiap ada produk yang baru mereka langsung update pada sosial media seperti facebook instagram serta blognya, tapi jarang sekali mereka mencantumkan informasi-informasi penting tentang produk yang mereka jual. Kurangnya informasi yang dibagikan justru membuat para pembaca atau follower akun sosial media itu bosan serta enggan untuk membeli produk. Karena rata-rata mereka hanya menampilkan foto, tanpa harga dan deskripsi singkat barang itu, dan  tidak jarang saat ada calon konsumen yang mengomentari produknya ia tidak memiliki respon yang baik dalam menanggapi.

 Meskipun begitu, bisnis online ini juga membutuhkan strategi pemasaran yang jitu. Banyak strategi pemasaran yang bisa anda terapkan dalam menekuni bisnis online ini, yaitu :

1. Riset Produk

9-Riset-yang-Harus-Anda-Lakukan-Dalam-Membangun-Toko-OnlineStrategi pemasaran yang sangat penting dilakukan seorang pembisnis yaitu melakukan riset produk. Tidak hanya bisnis online, tapi sebelum membuka bisnis, bisnis offline pun dianjurkan untuk melakukan riset produk. Anda harus melalukan riset terhadap produk yang paling populer dan dicari oleh banyak orang.

2. Optimasi Website

Sebagian besar pengguna internet kan mencari informasi melalui search engine seperti googleseo2, yahoo dan sebagainya. Mereka akan mengetikkan keyword atau kata kunci yang mereka inginkan dalam produk. Karena sebagian besar pengguna internet ini hanya akan membuka website yang ada pada halaman pertama, maka setidaknya kita membutuhkan jasa SEO agar dapat menampilkan website anda pada halaman pertama mesin pencari. Penggunaan SEO yang tepat akan membantu sebuah website atau objek dagangan online mudah di temukan di mesin pencari.

3. Metode Promosi

promosi_motorSalah satu metode pemasaran bisnis online adalah melalui PPC ( pay per click ). PPC merupakan metode pemasaran online yang menempatkan iklan produk atau jasa dibagian atas mesin pencari. Ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh pembisnis online jika menggunakan metode pemasaran PPC. Pembayaran PPC biasanya masuk ke tagihan kartu kredit pemilik website. Namun jika anda tidak mau repot, anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis online untuk memasarkan produk anda melalui PPC. Tentunya anda juga harus mengeluarkan biaya sebagai imbal jasa pada konsultan bisnis online tersebut.

 4. Memasang Banner

Banner adalah gambar grafis dengan ukuran tertentu yang disiapkan di antara suatu halaman website. Biasanya sebuah banner ini akan dilengkapi dengan link yang bila di klik oleh calon konsumen akan membawanya ke situs website anda. Biaya pemasangan banner tergantung dari situs media online yang anda pilih. Sebaiknya anda memasang banner pada sosial media yang sudah tidak asing, seperi facebook, twitter, instagram atau lainnya.

5. Design Website

toko-onlineDesign website yang bagus akan membuat para calon kosumen menjadi tertarik dalam menjelajahi isi situs website anda. Serta website yang anda gunakan tampak berkualitas dan bukan website seperti orang awam yang membuat ala kadarnya dan tampak seperti website palsu.

 6. Foto Produk

produk_hpaBeda halnya dengan bisnis offline, jika bisnis offline tentu para konsumen akan melihat produk yang dijual secara langsung, namun jika secara online para konsumen membutuhkan bukti foto agar mengetahui kondisi serta bentuk produk yang anda jual. Dan dengan foto itu usahakan agar foto yang anda bagikan tampak bagus dan menarik agar agar dapat merangsang calon konsumennya. Karena sebagian besar orang akan mudah tertarik pada foto dibandingkan deskripsi barang yang anda berikan.

7.  Membangun Kepercayaan

Yang paling penting anda harus menanamkan kepercayaan calon konsumen agar anda tidak dianggap sebagai penipu. Untuk menanamkan kepercayaan konsumen ini sebaiknya anda mencamtumkan profil pribadi, e-mail, nomor telepon, serta alamat lengkap yang dapat dihubungi oleh para konsumen. Dengan begitu mereka akan dapat menanyakan secara langsung infromasi yang mereka butuhkan. Untuk membangun kepercayaan konsumen lebih dalam, ada baiknya anda juga menambahkan testimoni dari para pembeli yang pernah melakukan transaksi jual-beli dengan anda.

 Dengan beberapa strategi diatas jika anda dapat melaksanakan dengan optimal tentunya produk anda akan cepat sekali berkembang dan tidak kalah dengan pesaing bisnis online lainnya.

Sumber Referensi : http://www.tukusaiki.com/post/1/strategi-pemasaran-untuk-online-shop.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s