Bisnis online

Konsultan Pemasaran – Syamsul Alam



woman and business strategy

Semua pembisnis akan tahu bahwa seorang marketing merupakan ujung tombak dalam arus keuangannya. Sebagus apapun produk tidak akan berubah menjadi rupiah jika produk tersebut tidak dipasarkan dan terjual. Dan untuk menghasilkan penjualan yang baik, akan dibutuhkan seorang konsultan marketing untuk menentukan strategi-strategi pemasaran yang cerdas. Meskipun perusahaan yang anda miliki telah berkembang atau bahkan masih dalam tahap awal anda akan membutuhkan konsultan marketing. Konsultan marketing ini akan menjadi penasehat yang dapat membantu perusahaan anda dalam menciptakan taktik dan teknik berdagang yang tentunya akan menghasilkan ide-ide baru yang dinamis.

Sering ditemukan beberapa pengusaha yang pandai dalam menciptakan produk yang berkualitas. Namun tetap saja didalam produk berkualitas itu terdapat titik kelemahannya yaitu bagaimana cara memasarkan produk ini? Apa yang harus dilakukan agar masyarakat mampu menerima produk dan bersedia membelinya? Fungsi seorang konsultan pemasaran bukan hanya sekedar memberikan arah dan masukan mengenai cara memasarkan produk, melainkan juga untuk membantu merumuskan sebuah solusi dari masalah yang ada dalam perusahaan, membuat eksekusi cara bertindak, dan masih banyak lagi.

003Dengan adanya konsultan marketing, sebuah perusahaan dapat terbantu secara pemikiran dan ide. Sudah banyak perusahaan yang gagal dalam pemasaran, padahal srategi yang cerdas akan membuat produk mudah terjual dipasaran. Kurangnya ide-ide dan orang-orang cerdas dalam ahli marketing suatu perusahaan, memaksa mereka untuk sebaiknya menggunakan jasa konsultan pemasaran ini. Namun jika mereka lihat dari pemasukan setiap harinya, tentu para pegawai akan berfikir pengeluaran ini terlihat boros dan hanya akan membuang uang dengan percuma jika untuk membayar jasa konsultan. Padahal jika mereka dapat berfikir cerdas dan menganalisis fungsi seorang konsultan, ini justru akan menjadi investasi besar bagi suatu perusahaan.

Jadi seharusnya sebuah perusahaan lebih berfikir cerdas. Susah diawal asalkan bisa sukses pada masa mendatang tidak ada salahnya bukan. Bahkan biaya yang anda keluarkan untuk jasa konsultan pemasaran ini tidak sebanding dengan kesuksesan perusahaan anda nantinya. Sudah tidak sulit lagi jika anda ingin mencari seorang konsultan pemasaran. Karena banyak jasa yang ditawarkan jika anda langsung terjun dalam dunia konsultan. Tinggal bagaimana anda memilih konsultan mana yang cocok untuk perusahaan anda. Tidak perlu susah dalam memilih konsultan. Yang harus anda lakukan adalah mencari informasi lengkap mengenai konsultan pemasaran yang anda temukan, dan lihat komentar-komentar para klien yang bekerja sama dengannya.

Konsultan Pemasaran & Digital Marketing Indonesia – Syamsul Alam

Ada banyak jenis konsultan pemasaran diluar sana, namun konsultan pemasaran yang mengerti apa yang harus ia lakukan bukan hanya sebagai perantara dalam menawarkan
produk anda dengan jasa periklanan atau segala macam. Secara umum konsultan pemasaran yang benar-benar ahli akan mulai menganalisis keadaan perusahaan anda. Mewawancarai anda mengenai hal apa yang anda harapkan dalam perusahaan anda. Dan mencari tahu seberapa tingkat yang ingin anda capai setelah ini.

Dari situ konsultan pemasaran akan menyimpulkan permasalahan-permasalahan yang ada didalam perusahaan anda. Mencari jalan keluar dan menetapkan goal atas apa saja yang ingin anda capai. Karena anda tentu tidak ingin perusahaan yang telah anda buat secara perlahan akan bangkrut karena strategi marketing yang payah. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi, tentu anda akan membutuhkan konsultan pemasaran yang memberikan “works” yang jenius dan tepat sasaran dan mampu menjadikan bisnis anda banjir order setiap hari.

pakarseo

Syamsul Alamseorang konsultan pemasaran dengan keahlian pemasaran baik konvensional, online, dan digital. Beberapa hal yang akan ia lakukan untuk perusahaan anda yaitu :

  1. Mencari tahu beragam cara untuk mendapatkan pelanggan baru yang cocok untuk industri anda.

  2. Mencari tahu beragam cara untuk berinteraksi dengan pelanggan yang telah ada.

  3. Mengevaluasi bahan pemasaran yang anda miliki, seperti iklan dan promosi yang pernah anda kerjakan, menentukan seberapa berhasil usaha pemasaran yang telah anda lakukan untuk mentarget pelanggan dan menghasilkan penjualan.

  4. Membentuk branding perusahaan (entah profesional, unik, imut, dan lain sebagainya) sesuai dengan demografi yang ingin ditargetkan.

  5. Pengelolaan reputasi dan brand perusahaan, termasuk yang terkait dengan reputasi online.

  6. Memaksimalkan ‘lifetime customer value’ melalui beragam program guna membuat pelanggan yang pernah datang untuk datang kembali, entah melalui pengembangan produk atau jasa baru, atau lain sebagainya.

  7. Meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui beragam social media, dan mengelola interaksi dengan pelanggan.

  8. Membuat campaign iklan yang inovatif dan efektif di beragam media yang terintegrasi untuk kesuksesan pemasaran yang optimal.

  9. Menggunakan konten platform online seperti situs, blog, dan landing pages untuk mengarahkan dan menginformasikan pelanggan kepada produk atau jasa yang dimiliki perusahaan.

  10. Melakukan pemasaran terintegrasi melalui mesin pencari (search engine marketing & search engine optimization).

  11. Mengelola campaign pemasaran melalui email, social media, platform online advertising, mobile, dan local marketing.

  12. Mengukur dan memonitor tiap hasil dan konversi sebagai dasar benchmark untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sumber Referensi : http://www.syamsulalam.net/konsultan-pemasaran/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s