Bisnis online

Bisnis Agen Properti


Digital Image by Sean LockeDigital Planet Designwww.digitalplanetdesign.com

Menjadi seorang pembisnis tanpa modal kini sudah beragam macamnya, mulai dari menjalankan program affiliate dan sekarang kita bisa menjadi seorang agen bisnis properti. Agen properti adalah bisnis yang senantiasa memasarkan tanah atau bangunan (rumah, ruko, kios, dll) akan tetapi milik orang lain. Jadi agen properti lebih bertugas sebagai perantara antara penjual properti dan pembeli. Agen properti ini juga biasanya disebut dengan nama agen, makelar, atau broker. Tidak hanya berpusat sebagai perantara jual-beli tapi properti-properti ini juga ada yang disewakan, tergantung dari permintaan pemilik properti tersebut.

Rata-rata para pembeli akan tertarik dengan rumah yang ber-KPR yaitu Kredit Pemilikan Rumah, mereka akan mencicil pembayaran rumah yang dibeli dengan harga lebih murah. Banyak persepsi bahwa dengan menjadi seorang agen properti itu kita tidak bisa berpeluang menjadi orang kaya? Ya mungkin itu hanya berlaku untuk mereka yang tidak menggeluti pekerjaan ini dengan sebaik mungkin, tidak mengerti metode-metode dan strategi yang tepat. Karena pekerjaan ini dari awal memang hanya memerlukan modal yang sangat sedikit, tapi jangan lupa hal utama yang harus anda miliki yaitu mental yang kuat. Karena proses penawaran pasti ada penolakan, bahkan tidak jarang ada orang yang mencela sampai mengkritik barang yang anda tawarkan.

promosi agen properti 2Sedangkan untuk  mereka yang sudah tahu bagaiman strategi dan metode yang harus digunakan dalam memasarkan produk properti, akan sangat cepat sukses dalam pekerjaan ini. Sebab mereka sudah tahu celah mana yang harus mereka lewati untuk mendapatkan profit. Karena jika dalam menawarkan produk properti mereka berhasil, serta dapat menjual produk properti kepada para pembeli, tentu mereka akan diberikan komisi sekitar 2% – 5% dari hasil penjualan. Sebenarnya hanya ada beberapa catatan yang perlu anda pelajari jika anda tertarik untuk menjadi seorang agen bisnis properti, diantaranya :

  1. Anda harus memilih developer yang memiliki produk properti menjanjikan, artinya produk yang dimiliki developer itu mudah dijual dan banyak para pembeli yang berminat. Ada beberapa kriteria properti yang harus anda pilih sebelum menawarkan produk. Yang pertama, apakah tempat yang akan anda tawarkan mudah dijangkau oleh semua orang? Dan tempatnya bukan daerah yang kumuh atau bahkan tempat itu berada didaerah terpencil. Yang kedua, anda harus memastikan bahan-bahan bangunan yang dipakai untuk membuat properti itu apakah berkualitas. Karena jika properti yang akan dijual adalah bangunan rumah ruko atau lainnya, orang akan berpikir untuk jangka waktu panjang, apakah bangunan itu kokoh dan dapat ditempati dalam jangka waktu yang lama.
  2. Anda harus tahu strategi untuk menjadi seorang agen bisnis properti. Melakukan penawaran produk properti dengan cara yang efektif, yaitu memanfaatkan internet sebagai medianya. Karena kebanyakan orang-orang kini sudah canggih dalam menggunakan internet sebagai media untuk memenuhi segala kebutuhannya. Dibandingkan dengan membuat pamflet atau brosur, penggunaan internet akan menghemat pengeluaran biaya, serta penyebarannya akan lebih luas. Akan tetapi dalam penggunaan internet ini anda harus dapat membedakan target mana yang akan anda capai dalam penawaran produk. Karena jika target anda orang tua, justru ini akan menyulitkan mereka. Karena kebanyakan orang tua tidak faham penggunaan internet tersebut.
  3. Komunikasi verbal dan non-verbal. Kecapakan anda dalam berbicara serta bergaul dengan orang yang tidak anda kenal sangat berpengaruh dalam penawaran produk. Karena jika anda tidak memiliki kecakapan dalam berbicara orang yang telah anda tawarkan akan merasa bosan dan jenuh mendengar kata-kata yang anda ucapkan. Serta jika anda terlalu sembrono dalam pengucapan, bisa-bisa anda dianggap tidak memiliki sopan-santun dan etika yang benar.

agenDalam bisnis apapun, apalagi sebagai pembisnis agen properti anda harus dikenal oleh orang banyak, dan membangun rasa kepercayaan konsumen terhadap anda. Karena jika anda merupakan orang yang dapat dipercaya tentu para konsumen tidak akan takut untuk membeli produk pada anda. Sedangkan anda harus memperluas pergaulan anda agar dipercaya orang lain. Jadi intinya anda harus mudah bergaul

Beberapa catatan-catatan yang disampaikan diatas memang terlihat cukup mudah. Tapi terkadang dari sekian banyak agen properti atau makelar itu melupakannya. Alhasil beberapa citra jelek atas namanya muncul dimana-mana. Bahkan para konsumen enggan untuk membeli produk yang telah ditawarkan. Maka dari itu gunakanlah strategi pemasaran yang tepat, agar anda dapat mendapatkan hasil yang optimal.

Sumber Referensi : http://iqbalazhari.com/bisnis-properti-pemula-kiat-sukses-di-bisnis-properti/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s