Bisnis online

Belajar Bisnis Online Gratis Tanpa Modal !


 online-shopping

Bisnis online kita semua tahu bisnis online adalah  bisnis yang melibatkan internet, seseorang memiliki usaha dan ia mempromosikan barang atau usaha yang ia tawarkan melalui internet. Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis online gratis tanpa modal ? Tentu saja semua ingin memiliki bisnis online itu, bahkan pedagang asongan jika kalian tawarkan dengan bisnis online gratis, tentu saja banyak dari mereka yang membuat website dengan menjual makanan seperti ote-ote martabak atau lainnya, haha 😀  dengan kalimat “GRATIS” siapa yang tidak tertarik? Pasti semua langsung mengacungkan tangan untuk kata gratis ini.

bisnis-online-mbendollIngin bisnis online gratis? Memang gratis tapi tidak untuk pembuatan website, bagaimana mungkin kita membuat website tanpa koneksi internet? Secara Online pula. Paling tidak jika kita ingin berbisnis online, modal pertama yang diperlukan yaitu KONEKSI INTERNET” , dan Koneksi Internet itu juga yang menekankan kita untuk mengeluarkan uang.

Dalam bisnis online ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan :

  1. Penawaran (Produk dan Jasa) anda. Bagian terpenting dalam bisnis online yaitu produk dan jasa, mana mungkin orang akan membuka suatu usaha tapi tidak ada sesuatu yang akan mereka tawarkan?
  2. Pengunjung (Traffic dan Pageviews). Langkah selanjutnya yaitu mencari pengunjung agar datang ke website anda, dengan begitu akan banyak orang yang mengenal produk yang anda tawarkan.
  3. Konversi (Mengubah Penjual menjadi Pembeli). Menurut saya disinilah letak kesulitan sebuah bisnis online, menarik perhatian pengunjung di website serta membuat mereka benar-benar membeli barang kita. Biasanya disini kita harus menekankan harga, cara pembayaran dan bagaimana cara konferensi pembayaran itu. Karena jika kita tidak mencantumkan hal tersebut tentu banyak pengunjung yang mengira bahwa bisnis online kita merupakan Bisnis Online penipuan, dan itu akan menyulitkan para pengunjung dalam melakukan pembelian.

affiliate-marketing-tipsJadi 3 hal itu merupakan sebuah poin untuk SUKSES BERBISNIS ONLINE. Ada beberapa hal tambahan yang ingin saya bicarakan disini, karena poin-poin diatas tidak akan berjalan dengan baik apabila anda tidak memperhatikan step-stepnya.

PENAWARAN (Produk dan Jasa)

Jika anda seorang blogger maka anda dapat memanfaatkan website anda untuk menempatkan produk anda disitu. Dengan begitu potensi anda dalam melakukan bisnis online akan lebih besar, dibandingkan jika anda mempromosikan produk di Social Media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain – lain. Memang melalui Social Media bisa dikatakan mudah menarik pembeli sebab ruang lingkup jual-beli yang dilakukan hanya sebatas daerah itu saja, dan beberapa teman yang anda punya di akun Sosial Media itu akan tertarik membeli produk anda. Tetapi jika anda menggunakan Website ruang lingkup perdagangan anda akan lebih luas lagi, bahkan anda bisa-bisa melakukan transaksi pengiriman barang melalui JNE, atau alat pengiriman lainnya. Makin canggih bukan ?

Dengan memiliki produk maka anda juga memiliki potensi untuk mendapatkan uang, dengan kata lain proses jual-beli sukses dalam hal ini. Ya meskipun traffic barang yang anda miliki sedikit, setidaknya itu dapat menghasilkan uang anda. “Bagaimana jika saya tidak memiliki produk?”  Mudah saja ! Anda bisa menjual produk atau jasa orang, dengan kita lain kita membantu seseorang dalam berbisnis. Dan jika tidak ada yang bisa kita bantu atau tidak ada yang meminta bantuan dari kita, maka anda bisa mengikuti program “Afiliasi“, “Kerja Freelance“, dan lain-lain. Sebenarnya 2 bisnis tersebut tidak membutuhkan website, website hanya untuk membantu lebih terkenalnya anda.

Hal yang harus anda ketahui lagi yaitu kalahkan pesaing anda. Misalnya jika kita membuat toko online Bhinneka.com, anda harus mengetahui siapa pesaing anda, dan mengalahkan pisisi rank blog agar potensi nilai klik, pengunjung dan penjual lebih besar. Disini kita membutuhkan jasa dan pakar SEO, untuk menaruh rank website kita diurutan teratas. dengan begitu kesempatan penjualan anda akan lebih besar.

Pengunjung (Traffic dan Pageviews)

Ini poin yang paling penting, mangkanya diatas tadi saya menyarankan anda untuk menghubungi jasa dan pakar SEO. Jika tidak ada pengunjung maka siapa yang akan membeli produk anda ?  Perlu anda ketahui bahwa Google dan Facebook merupakan situs yang paling banyak dikunjungi setiap harinya, ada lebih dari ribuan bahkan jutaan orang yang mengunjungi situs tersebut.

Hal ini bisa anda manfaatkan jika anda mengerti, melaui Google anda bisa merangking keywords anda, dapat pengunjung, beli, dapat profit. Sedangkan melalui Facebook bisa memanfaatkan “Fanspage“, buat sebuah halaman dan deskripsikan produk-produk anda.

Tips menjaring pengunjung dari Google

Anda pasti tahu bahwa judul artikel saya ini sangat menarik dan menonjol sekali kalau dilihat dari Google. Ini adalah salah satu cara menjaring pengunjung di google selain menambah foto di SERP. Perlihatkan bahwa judul artikel anda lebih sangat menonjol dari yang lain. Dengan begini, nilai klik pengunjung akan semakin besar.

Konversi (Pengunjung menjadi Pembeli)

Ini hal terpenting dibagian terakhir, banyak orang yang berbisnis diluar sana dan sudah memiliki banyak pengunjung setiap harinya tapi kebanyakan diantaranya gagal dalam menjadikan pengunjung sebagai pembeli. Jika anda menjual produk, sebaiknya anda mencatumkan harga, cara pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Itu saja ! Karena jika anda tidak memberi tahu hal tersebut, pengunjung akan mengira bahwa produk anda adalah palsu. Atau mungkin pengunjung akan tidak jadi beli karena tidak ada detail pembayaran. Tentunya itu akan menyia-nyiakan kerja keras kita kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s